.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Monday, April 7, 2014

Macam-Macam Renda

Dalam artikel jahit atau crafting bahasa Inggris kita sering dengar istilah trimming. Trimming sendiri bisa berarti penyelesaian akhir pada pengerjaan jahitan. Lebih spesifiknya pada konteks ini adalah penyelesaian dengan memberikan aksen atau hiasan yang tampak di luar.

Salah satu jenis trimming adalah renda. Ada berbagai jenis renda yang umum kita kenal. Untuk bisa membedakannya, kita coba bahasa satu-persatu ya. Kalau ada pembaca yang mau menambahkan keterangan atau penjelasannya silakan leave comment :)

1. Renda Air

Renda air biasanya terbuat dari bahan sintetis, tipis dan terawang (tembus pandang) seperti air. Motif sangat beragam, kebanyakan bertema floral. Warna putih mungkin yang paling banyak digunakan karena netral. Ada renda air yang sangat lembut melangsai, ada juga yang agak kaku, mana yang paling baik seharusnya yang sesuai penggunaannya. Namun secara umum semakin halus-lembut harganya semakin mahal.

2. Renda Tile

Renda tile mirip dengan renda air. Tipis dan menerawang, dengan bahan dasar kain tile atau brokat. Renda tile lebih melangsai dan biasa diaplikasikan pada gaun pengantin, baju pesta, kebaya, kerudung. Renda tile dapat menambah kesan anggun dan mewah pada busana.






3. Renda Katun

Renda katun seperti namanya, terbuat dari bahan kain katun. Kain katun tersebut dibordir dengan motif yang diinginkan dengan lebar tertentu. Renda katun serasi untuk penyelesaian bahan jahitan yang dibuat dari bahan katun juga. Banyak digunakan pada baju, mukena, tas, dan beragam kreasi.





4. Renda Rajut/Bordir

Renda rajut atau kait dan renda bordir terbuat dari berbagai jenis bahan. Ada yang berbahan dasar benang katun, benang sintetis, dan lain-lain. Renda bordir merupakan proses jalinan benang bordir yang dikerjakan terpisah dari kain atau tidak menempel pada kain. Renda rajut diproses seperti pembuatan rajutan, kebanyakan sudah diproses dengan mesin, namun ada juga yang menggunakan tangan. Renda vintage yang diproses dengan tangan (handmade) bisa berharga sangat mahal.

5. Renda Elastis

Renda elastis mirip dengan renda air, namun bahan yang digunakan adalah benang sintetis yang bisa melar. Renda elastis banyak digunakan untuk aplikasi pada bahan kaos seperti baju kaos atau bergo. Saat ini banyak juga digunakan untuk kreasi bandana, ciput, manset, dan lain-lain. renda elastis lebar juga bisa digunakan untuk kaos tangtop atau korset.






6. Renda Bunga

Renda bunga sebetulnya merupakah modifikasi dari bahan-bahan yang dirangkai menjadi bunga, dan dijalin dengan bahan seperti tile, organdi, flanel, dan lain-lain untuk memanjangkannya. Renda bunga rose banyak digunakan untuk pinggiran jilbab, hiasan baju, bros, dan aplikasi lainnya. Renda bunga berukuran besar biasanya diaplikasikan per potongan bunga dan dijahitkan ke bahan dasar satu-persatu.




Selain jenis renda tersebut, banyak juga bahn pinggiran jahitan yang dapat digunakan untuk berkreasi.
Renda-renda tersebut dapat dibeli juga di www.tokojahitwarna.com :)

No comments:

Post a Comment