.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Sunday, January 5, 2014

Sulam Pita

Pita atau ribbon adalah bahan yang diproduksi dengan panjang sampai beberapa meter namun dengan lebar kecil, umumnya hanya beberapa mili sampai 1 inch dengan tekstur dan warna bervariasi. Pita bisa terbuat dari bahan kain atau plastik. Di artikel ini saya akan membahas tentang salah satu ketrampilan sulam dengan bahan utama pita kain, atau sering disebut sulam pita.

Dengan sulam pita kita bisa berkreasi membuat beragam bentuk bunga, untuk menghias baju, jilbab, tas, peralatan rumah tangga, dan sebagainya. Kelebihan ornamen dengan sulam pita adalah efek 3 dimensi dan warna tegas dan berani menjadikannya tampak menonjol sebagai vocal point atau pusat perhatian pada bahan dasarnya.

Pita sesuai peruntukan dan kebutuhannya memiliki berbagai jenis warna, corak, tekstur, dan ukuran. Jenis pita menurut bahannya adalah: pita satin, pita organdi, pita sutera, pita grossgrain. Mungkin ada beberapa jenis lagi namun jenis ini yang biasa digunakan dalam kreasi.

Pita satin dan organdi paling sesuai bila digunakan untuk membuat hiasan bunga. Pita dari bahan sutera sangat lembut, agak susah dalam aplikasinya untuk sulam, namun bagi yang sudah terampil, sulam pita sutera dapat memberikan hasil yang sangat indah.

Ukuran pita stnadard mulai dari 1/8 inch, 1/4 inch, 1/2 inch, 1 inch. Ada yang lebih lebar dari 1 inch tetapi tidak banyak. Sementara untuk sulam pita, ukuran yang banyak digunakan mulai dari 1/8 sampai 1/2 inch.

Untuk memulai sulam pita, bahan yang diperlukan antara lain:
1. Pita, dengan beragam jenis, warna dan ukuran yang diinginkan
source: Southbourne catering supply
2. Benang sulam, warna benang disesuaikan dengan warna pita. Gunakan benang secara rangkap agar lebih kuat
3. Kain, kain digunakan sebagai media penempatan pita atau bahan yang akan disulam.
4. Bahan tambahan seperti, putik, manik-manik, dan payet untuk benang sari atau aksen penghias bunga

kain, benang sari, dan manik
Sedangkan untuk peralatan yang harus disiapkan adalah
1. Jarum benang
2. Jarum pita
3. Jarum pentul
4. Gunting
5. Korek api, berfungsi untuk memanaskan ujung pita saat penyelesaian, agar serat pita tidak terurai
6. Bidangan/hoop, bidangan ada yang terbuat dari kayu dan plastik dengan berbagai ukuran diameter
7. Pelindung jari atau bidal
8. Pensil jahit
9. Meteran

Peralatan standard
 Tips memulai pembuatan:

- Apabila anda membeli pita, sebaiknya beli dulu dalam jumlah kecil lalu coba dicuci, lihat apakah luntur atau tidak, demikian juga dengan kainnya.
- Untuk aplikasi sulam pita pada peralatan rumah tangga, sebaiknya bunga dan daun yang terbentuk dipererat dengan jahitan halus yang tidak terlihat
- Bila tidak ada pita dengan ukuran besar yang dikehendaki, kita bisa menggunakan kain, potong sesuai ukuran lebar yang diinginkan, lalu dineci.

Selamat berkarya!



referensi: Buku Ragam Bunga Pita, Tiara Aksa




No comments:

Post a Comment