.post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Saturday, January 4, 2014

Istilah-istilah Fashion

Kita sering mendengar istilah-istilah di dunia mode atau fashion. Meskipun kita tidak berkecimpung dalam industri ini, tapi sebagai konsumen atau pembaca artikel mode pasti kita sering mendengarnya. Untuk itu kita perlu tahu arti dari berbagai kata atau istilah seputar fashion ini. Berikut ini beberapa kata yang kami rangkumkan

Fashionable - atau modis mengikuti mode/gaya mutakhir dalam berbusana atau mempercantik diri, percaya diri untuk berpenampilan atraktif dan kreatif memadu-madankan busana dan aksesorisnya.
Fashion Accessories - berbagai benda yang dipakai untuk melengkapi busana, a.l. sepatu, tas, perhiasan, skarf, dasi, dsb. Selain membuat penampilan keseluruhan lebih menarik, juga mempunyai fungsi seperti tas untuk membawa barang, sepatu untuk melindungi kaki.
Fashion Cycle - atau siklus mode adalah perputaran popularitas suatu gaya/tren. Diawali tahap perkenalan, tahap naik, titik puncak, tahap menurun, hingga tahap usang. Siklus mode ini bisa berulang di era lain.
Fashion Director - atau koordinator mode adalah seorang yang bertanggung jawab mencipatakan kesatuan gaya, dengan kekhasan cita rasa yang tercermin di semua divisi. Untuk itu perlu memahami mode terkini, tren mode, termasuk tekstil/bahan mutakhir. Selain menghubungkan berbagai pihak, ia juga berfungsi merencanakan peragaan busana, pengambilan foto untuk promosi, dsb.
Fashion Faux Pas - Kesalahan dalam berbusana  atau "salah kostum"
Fashion Forward - Bergaya sangat mutakhir, super modis 
fashion illustration/ilustrasi mode
Fashion Illustration - Penyampaikan visual berupa gambar, sketsa, atau ilustrasi dari suatu konsep atau ide desain mode, agar lebih mudah dipahami dan menarik pula untuk dilihat. Pembuatnya disebut fashion illustrator.
Fashion Journalism - Istilah yang mengacu pada berbagai aspek pemberitaan mode lewat media massa yang disampaikan kepada masyarakat dalam bentuk tulisan maupun visual a.l. tren mode terakhir, kiprah para insan mode, fashion show, dan sebagainya. 
Fashion Mavin -  Istilah atau sebutan dalam industri mode bagi pakar atau orang yang sangat ahli dan sangat berpengalaman di dunia mode.
Fashion Merchandiser - Orang yang bertanggung jawab dalam memilih, membeli, dan mendistribusikan berbagai jenis produk mode ke berbagai toko, termasuk merencanakan dan mengkoordinasi penjualan dan promosi. Dalam mempertemukan mode dan bisnis, fashion merchandiser harus memiliki pengetahuan tentang berbagai teknik dan strategi pemasaran.
Fashion Photography - Fotografi khusus mode; bisa busana atau pelengkap busana dengan atau tanpa model, untuk kebutuhan majalah mode, buku mode, poster, iklan, katalog, dsb. Foto-foto mode juga diperlukan untuk blog, website mode dan bentuk karya seni fotografi.
Fashion Show - Pagelaran mode/busana, di mana para model berjalan hilir mudik di atas catwalk atau runway, memperagakan busana dan pelengkapnya.
Fashion Satement - Pesan yang disampaikan lewat sesuatu yang dipakai; bisa pakaian, aksesori, sepatu, rias wajah/rambut, bahkan ponsel atau benda pakai lainnya, pandangan atau gaya hidup pemakai.
Fashion Stylish - Seseorang yang memilihkan busana beserta pelengkapnya untuk kebutuhan pemotretan, penampilan di TV, pertunjukan atau penampilan publik seorang bintang film, selebriti, atau tokoh lainnya. Busana bisa koleksi pribadi, dipinjam, atau dibeli langsung dari desainer.
Rachel Zoe - fashion stylish
Fashion Trend - Arah atau kecenderungan dalam mode seperti gaya/potongan/warna, dsb untuk periode tertentu dan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu.
Fashion Week - Suatu kegiatan dalam industri mode yang berlangsung sekitar satu minggu, merupakan ajang bagi perancang mode untuk menggelar koleksi mutakhir mereka. Di ajang ini para buyers, media dan pelaku industri mode berkumpul untuk melihat tren terbaru di musim berikutnya, sementara para peretail melakukan pemesanan. Fashion week diadakan di berbagai belahan dunia namun yang paling berpengaruh adalah empat besar yaitu Paris, London, Milan, New York.
Fashionista - Sebutan bagi orang yang setia mengikuti mode mutakhir, terutama mode kelas atas.
Fast Fashion - Busana-busana yang didesain berdasarkan trend terbaru, diproduksi dengan cepat dan biaya relatif rendah, memungkinkan konsumen untuk tetap mengikuti gaya mutakhir dengan harga terjangkau. Contoh: Zara, Mango, TopShop, H&M, dll.

Referensi: Kamus Mode Indonesia

No comments:

Post a Comment